Pada artikel sebelumnya sudah pernah dibahas bagian-bagian halaman kerja Word, selanjutnya pada artikel berikut ini belajar office akan membahas bagian-bagian halaman kerja pada MS office Excel.
Pada
prinsipnya bagian-bagian pada word memiliki menu-menu yang hampir sama
dengan Ms Excel namun ada beberapa penambahan menu juga ada pengurangan
menunya, untuk perbedan yang paling mendasar yaitu pada halaman kerja
pada word tampil lembaran polos sedangkan pada Excel tampil kotak-kotak
berupa kolom dan baris.
Untuk lebih mendalaminya berikut akan kita bahas lagi satu persatu agian-bagian halaman kerja pada MS office Excel :
Ket :
Quick Access toolbar
: terdiri dari tombol yang digunakan untuk mempercepat kerja, menu
standarnya terdiri : safe, ando, redo kita juga menyetingnya sesuai
kebutuhan dengan menekan panah kecil kebawah.
Titel Bar : Menampilkan judul atau nama dari dokument Excel yang kita buat.
Mengatur Jendela: digunakan untuk mengatur tampilan meliputi:
minimize megecilkan dan menyembutnykan lembar kerja,
maximize menampilkan dan memperbesar tampilan lembar kerja,
close untuk menutup lembar kerja
Tab : sederetan menu berupa teks yang meliputi : File, insert, page layout dst.
Ribbon : merupakan are yang menampilkan tab yang aktif yang didalamnya terdiri dari group-group.
Group : terdiri dari icon-icon yang memiliki fungsi masing-masing.
Dialog box: setiap group memiliki dialog box untuk menampilkan jendela fugsi dari masing-masing gropnya.
Name box : untuk menampilkan nama dari box atau cell yang aktif misanya : A8 artinya (kolom A baris ke 8) , B5 (kolom B baris ke 5)
Formula bar : untuk menampilkan data atau rumus pada cell yang aktif, bisa juga tempat untuk mengedit rumus atau data.
Column : merupakan kolom pada excel yang ditandai dengan huruf abjad mulai dari A,B,C dst
Row : Merupakan baris pada excel yang ditandai dengan anggka mulai dari 1,2,3 dstCell : Untuk meninput atau edit data, rumus pada sel yang aktif.
Scroll : untuk menggulung lembar kerja kesamping kanan kiri atau atas bawah.
Tab Worksheet : Pada Excel kita bisa membuat beberapa sheet dalam satu halaman kerja.
Status Bar
: untuk menampilkan informasi tentang halaman, kita bisa mengaturnya
dengan menekan tombol klik kanan pada bar status tersebut, statusbar
yang biasanya muncul pada standar biasanya meliputi :
View : mengatur tampilan halaman kerja.
Zoom : untuk memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja.
Terimakasih semoga bermanfaat.
Zoom : untuk memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja.
0 komentar:
Post a Comment